KETELADANAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN PROFIL PELAJAR ROHMATAN LIL ALAMIN DI MI AL MUBAROK WAJAK KABUPATEN MALANG

IPAH, IPAH (2024) KETELADANAN PENDIDIK DALAM MEMBANGUN PROFIL PELAJAR ROHMATAN LIL ALAMIN DI MI AL MUBAROK WAJAK KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130047-IPAH-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk merumuskan cara membangun Profil Pelajar Rohmatan Lil Alamin di MI Al Mubarok Wajak melalui peneladanan dari pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan study kasus sebagai pendekatanya,dimana data diperoleh dari informan yang secara langsung berhadapan dengan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara secara berkelanjutan untuk mendapatkan informasi akurat. Pengolahan data dimulai dari reduksi data, penyajian hingga
penarikan kesimpulan. Setelah melakukan penelitian dengan observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa
untuk membangun Profil Pelajar Rohmatan Lil Alamin tidak bisa hanya melalui pendidikan karakter semata. Namun keberhasilan membangun karakter ini harus melalui pembiasaan
pembiasan yang harus dipaksakan secara berkesinambungan juga keteladanan(uswah) dari pendidik merupakan hal yang sangat berpengaruh.Lebih tepatnya pendekatan modelling.Karna
objek penelitian merupakan usia sekolah dasar/Madrasah ibtidaiyah maka perlu juga kerjasama antara pihak sekolah dan pihak- pihak lain yang berhubungan langsung dengan peserta didik seperti orang tua siswa, komite sekolah serta pemangku kebijakan lainya. Karena selain hal diatas
untuk membangun karakter siswa juga perlu dilakukan pembinaan, memotivasi serta penilaian. Dalam hal kedisiplinan diberikan hadiah dan pemberian sangsi kepada peserta didik yang melakukan pelanggaran/menyalahi aturan.
Program P5-P2RA merupakan salah satu program yang dirancang untuk menguatkan pencapaian.karakter peserta didik sehingga sesui dengan nilai-nilai Pancasila dan konsep
Rohmatan Lil Alamin. Program ini memberikan pengalaman langsung sesuai dengan karakteristik lingkungan sekolah. Dalam membangun P5-P2RA ini keteladan pendidik di MI Al Mubarok sudah sangat bagus, namun perlu penguatan lagi pada kelas-kelas yang masih menerapkan kurikulum 13.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keteladanan pendidik, karakter,dan P2RA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:29
Last Modified: 23 Sep 2025 03:29
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item
View Item