IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL ULUM BULUPITU GONDANGLEGI

Ni'mah, Adinda Ulfatun (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MI MIFTAHUL ULUM BULUPITU GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081055-ADINDA ULFATUN NI'MAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan karakter religius merupakan konsep dasar yang diterapkan kedalam pemikiran seseorang supaya membentuk dan mengembangkan karakter positif peserta didik untuk menjadikan kepribadian yang memiliki budi pekerti yang baik dan selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dalam penelitian ini, fokus masalah yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Miftahul Ulum 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Akidah Akhlak
dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Miftahul Ulum Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana bersumber dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian setelah data-data sudah terkumpul dan dianalisis melalui reduksi data yakni mengolah data mentah yang dikumpulkan dari
hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama
implementasikan pembelajarn akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI Miftahul Ulum dapat dilakukan seperti menerapakan 5S (Senyum, Salam,
Sapa, Sopan dan Santun) dan mengajarkan peserta didik untuk selalu melaksanakan sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah, dan membaca al-quran sebelum pelajaran.
Ketiga faktor pendukung dalam membentuk karakter religius yaitu guru selalu menanamkan nilai-nilai karakter religius, dan adanya kegiatan kegiatan rutin yang dilakukan Adapun faktor penghambatnya yaitu faktor pergaulan yang tidak baik, dan kurangnya pengawasan orang tua pada peserta didik dalam bermain gadget.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi. Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:56
Last Modified: 24 Sep 2025 06:56
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item
View Item