IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR AL ANWAR

Korniawan, Doni (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AN-NUR AL ANWAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081109-DONI KORNIAWAN-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka sebuah wujud perbaikan pembelajaran yang
memberikan kemudahan dan penyederhanaan untuk proses pembelajaran, sehingga misi yang ingin dicapai antara lain menghasilkan lulusan dari jenjang tertentu benar-benar memiliki spesifikasi kompetisi yang baik. Adapun fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Konsep Kurikulum
Merdeka dalam Mengembangkan Karakter siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama An Nur Al Anwar.?(2) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Mengembangkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama An Nur Al Anwar?(3)Bagaimana Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mengembangkan Karakter siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama An Nur Al Anwar?. Dengan tujuan penelitian ini untuk
menjelaskan tentang (1) mengetahui Konsep Kurikulum Merdeka dalam Membangun Karakter siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (2) mengetahui Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama An
Nur Al Anwar. (3) mengetahui Dampak Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Membangun Karakter siswa An Nur Al Anwar.
Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data terdiri dari
reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunkan Teknik triangulasi yaitu Triangulasi sumber merupakan menggabungkan data dari berbagai sumber, seperti wawancara, observasi, dan
dokumentasi, untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang suatu topik atau fenomena. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa Kurikulum Merdeka di SMP An
Nur Anwar memberikan kebebasan kepada guru dalam merancang pembelajaran dan mengembangkan karakter siswa melalui nilai-nilai agama Islam. Implementasi kurikulum ini telah menunjukkan peningkatan karakter siswa dalam hal integritas,
tanggung jawab, dan kesadaran spiritual. Dalam Implementasi ini terdapat dampak meskipun masih dalam tahap awal, kurikulum Merdeka telah membantu siswa menjadi individu yang lebih aktif, mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Karakter, PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:00
Last Modified: 24 Sep 2025 07:00
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item
View Item