PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BIMBINGAN BELAJAR AL QUR'AN (BBQ) METODE "BIL QOLAM" TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA

Samsudin, Hasan (2024) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BIMBINGAN BELAJAR AL QUR'AN (BBQ) METODE "BIL QOLAM" TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081123-HASAN SAMSUDIN-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca Al Qur‟an siswa dibuktikan dengan siswa siswa yang belum bisa membaca Al Qur‟an dengan baik dan benar, belum bisa membedakan huruf hijaiyah dalam pelafalannya sehingga berpengaruh pada cara membacanya, beberapa siswa memahami tajwid namun kurang sempurna dalam penerapan dan sebagian lain kurang memahami ilmu tajwid, waqaf, maupun makhorijul hurufnya. Penggunaan metode yang tepat dapat berpengaruh pada pencapaian hasil dari tujuan belajar yang diinginkan, salah satunya adalah metode Bil Qolam. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode Bil-Qolam dalam kegiatan Ektrakurikuler Bimbingan Belajar Al Qur‟an di MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari Malang, (2) mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari Malang, (3) membuktikan pengaruh penerapan metode Bil Qolam terhadap kemampuan membaca Al Qur‟an siswa MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari
Malang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimental dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Quasi Eksperimen adalah jenis penelitian
eksperimen yang kurang ketat dibandingkan dengan penelitian eksperimen murni. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji nonparametrik Mann-Whitney, yaitu membandingkan dua sampel apabila data dari salah satu atau kedua sampel menyebar tidak normal untuk kemudian didapatkan hasil dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan metode Bil-Qolam di MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari Malang berjalan dengan baik sesuai pedoman pengajaran dari Tim Bil Qolam Pusat. Pembelajaran dilakukan 3 hari dalam seminggu dengan penambahan kegiatan ice breaking diawal pelajaran
untuk memfokuskan dan menambah semangat belajar siswa, (2) kemampuan membaca Al-Quran siswa MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari Malang sebelum diterapkan metode Bil-Qolam menunjukkan hasil yang diperoleh dari pretest kelas
kontrol 70 dan kelas eksperimen 69,95, (3) penerapan metode Bil Qolam berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al Qur‟an siswa MI Almaarif 12 Ardimulyo Singosari Malang, dengan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 87,80 sedangkan rata-rata posttest kelompok
kontrol sebesar 76,50. Kelompok eksperimen mengalami kenaikan rata-rata hitung sebesar 17,85 dari nilai pretest sedangkan kelompok kontrol mengalami kenaikan rata-rata hitung sebesar 11,35 dari nilai pretest.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Bil Qolam, Kemampuan Membaca Al Qur‟an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:15
Last Modified: 24 Sep 2025 07:15
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item
View Item