Rista, Iga Wulandara (2024) PENGARUH INTEGRASI PRINSIP PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081020-IGA WULANDARA RISTA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kebijakan tentang kurikulum merdeka terkait adanya penguatan karakter peserta didik. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
Rumusan dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana implementasi integrasi prinsip Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Tempursari?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam
kelas VII di SMP Negeri 01 Tempursari?, dan 3) Apakah integrasi prinsip Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berpengaruh terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 01 Tempursari?.
Jenis peneli yang digunakan adalah penelitian kuamtitatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif (Quasi Eksperimen). Adapun pengumpulan data ini menggunakan tes, angket atau kuesioner yang mana angket akan digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk Skela Likert. Data yang diperoleh akan dianalisis secara statistik dengan menggukanan rumus korelasi regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 29.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembelajaran PAI mempengaruhi hasil belajara siswa. Adapun hasil yang diperoleh: 1) implementasi P5 dalam pembelajaran PAI mendpatkan perolehan skor jawaban yang masuk dalam kategori baik (B) dengan hasil presentase berada pada
interval 60% - 80% . 2) Hail belajar siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai Post-Test dan Pre-Test dengan nilai rata-rata awal 67,70 menjadi 85,37. 3) berdasarkan hasil Uji t, diperoleh nilai
uji Independen Sample t-Test yang dilakukan oleh peneliti adalah 0,01 yang artinya nilai signifikasnsi < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (X) terhadap Hasil Belajar Siswa (Y) baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Pembelajaran PAI, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:15 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:15 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1726 |