UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU AN-NUR ASY-SYADZILI DONOMULYO MALANG

LILIANASARI, INKA WULAN (2024) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS NU AN-NUR ASY-SYADZILI DONOMULYO MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081075-INKA WULAN LILIANASARI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya guru pada proses belajar mengajar sangat dibutuhkan guna untuk memberikan motivasi belajar pada diri peserta didik, motivasi peserta didik tidak hanya tentang suatu pelajaran di sekolah tetapi juga memperhatikan cara guru
mengajar. motivasi belajar bagi peserta didik sangat penting karena dapat mendorong diri peserta didik untuk mengikuti proses belajar mengajar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini ialah 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa di Mts NU An-Nur Asy-Syadzili 2) Untuk mengetahui Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Mts NU An-Nur Asy-Syadzili 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Mts NU An-Nur Asy-Syadzili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi etnometodologi. Teknik pengumpulan data dengan cara: 1) wawancara yang mendalam 2) Observasi lapangan 3) studi dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini dengan: 1) reduksi data 2) penyajian data, serta 3) verifikas, kemudian
dilanjutkan dengan pengecekan kebasahan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa pada saat pembelajaran Aqidah Akhlak. Yang ditandai dengan adanya siswa alpha, tidur
didalam kelas, berbicara sendiri dan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Motivasi Ekstrinsik siswa berupa nasihat, model pembelajaran yang menyenangkan, pemberian hukuman, dan dorongan dari orang tua. Faktor lingkungan yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang tinggal dipondok dan yang berangkat dari rumah sama yaitu disebabkan oleh lingkar perteman. 2) Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatan motivasi belajar siswa yaitu dengan memberikan soal ulangan setelah penyampaian materi lalu pemberian nilai sebagai bentuk apresiasi kepada siswa. Metode pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. 3) Faktor pendukung motivasi belajar siswa sarana dan prasarana diruang kelas memadai serta didukung dengan lingkungan sekolah yang indah, bersih, nyaman dan kondusif. Faktor penghambat motivasi belajar siswa pada MTs NU An Nur Asy-Syadzili yaitu bakat yang tidak sesuai, rasa minder, dan cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Upaya Peningkatan, Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:16
Last Modified: 24 Sep 2025 07:16
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1728

Actions (login required)

View Item
View Item