PENGARUH HASIL BELAJAR FIQIH TERHADAP MOTIVASI BERIBADAH SANTRI MA’HAD DARUNNAJAH SMA ISLAM KEPANJEN

Ebayanti, Khaira Fikri. (2024) PENGARUH HASIL BELAJAR FIQIH TERHADAP MOTIVASI BERIBADAH SANTRI MA’HAD DARUNNAJAH SMA ISLAM KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081013-KHAIRA FIKRI ERBAYANTI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya mempelajari pelajaran agama islam maka di Ma’had
Darunnajah Kepanjen terdapat pembelajaran agama islam melalui pelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fiqih terhadap
motivasi beribadah santri di Ma’had Darunnajah. Pada prinsipnya pembelajaran fiqih membekali mereka lengkap tentang hukum Islam dan mampu mengaplikasikannya dalam bentuk ibadah kepada Allah. Dengan demikian santri
dapat melaksanakan ibadah yang benar menurut ajaran Islam yang dipraktekkan dan diajarkan Rasulullah SAW. Dengan adanya pembelajaran Fiqih diharapkan dapat meningkatkan iman dan takwa santri mahad dan mereka dapat merealisasikannya dalam sikap dan prilaku hidupnya sesuai dengan tujuan
pembelajaran mata pelajaran Fiqih. Pembelajaran ini bermaksut untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana
hasil belajar fiqih di Ma’had Darunnajah? 2) Bagaimana tingkat motivasi beribadah santri di Ma’had Darunnajah? 3) Adakah pengaruh antara hasil belajar fiqih terhadap motivasi beribadah santri di Ma’had Darunnajah? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan teknik pengolahan
data kuantitatif, instrument yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan kepada santri Ma’had Darunnajah Kepanjen yang berjumlah 45 dan yang dijadikan sampel hanya berjumlah 45 santri. Setelah data yang diperlukan rampung semua, maka peneliti menganalisismya kemudian dijabarkan dengan metode pengolahan data yang bersifat kuantitatif. Dari
hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar fiqih di Ma’had Darunnajah Kepanjen dapat dikategorikan sangat baik, begitu juga dengan motivasi beribadah santri yang sudah sangat baik berdasarkan tingkat pemahaman fiqih yang sangat
berpengaruh terhadap motivasi ibadah santri khususnya pada pelaksanaan shalat berjama’ah di Ma’had Darunnajah. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, dengan nilai 0,484 berada
diantara 0,250-0,500. Dengan demikian dapat diketahu bahwa pengaruh hasil belajar fiqih terhdap motivasi beribadah santri ma’had darunnajah SMA Islam tergolong rendah berpengaruh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, hasil belajar, motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:17
Last Modified: 24 Sep 2025 07:17
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item
View Item