Zulvi, Kharisma (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN STUDI KASUS DI TPQ DARUNNAJAH DESA NGEBRUK KECAMATAN SUMBER PUCUNG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 2-4.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081066-KHARISMA ZULVI RISTANTI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran membaca Al-Qur'an memegang peranan penting dalam pengembangan keilmuan dan spiritualitas umat Islam. Metode pembelajaran yang efektif menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Salah satu metode yang menjadi fokus penelitian ini adalah metode Qiroati, yang menekankan pada aspek pengucapan dan pemahaman dalam membaca Al-Qur'an. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPQ Darunnajah Desa Ngebruk
Kecamatan Sumberpucung. Adapun fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan membaca Al- Qur’an dengan metode qiroati di TPQ Darunnajah, (2) Bagaimana Implementasi pembelajaran metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur'an di TPQ Darunnajah, (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Al-Qur'an dengan metode qiroati. Dengan Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kemampuan membaca Al-Quran dengan metode qiroati di TPQ Darunnajah, (2) mengetahui implementasi
pembelajaran metode qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Darunnajah, (3) mengetahui factor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode qiroati.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai metode utama pengumpulan data. Partisipan penelitian ini adalah siswa
TPQ Darunnajah Desa Ngebruk yang terlibat dalam pembelajaran metode Qiroati.Data dikumpulkan melalui wawancara dengan dengan ustadzah dan di dukung oleh wali santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Qiroati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an para santri. Para santri menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengucapan huruf Arab dan pemahaman teks Al-Qur'an. Faktor-faktor seperti metode pengajaran yang interaktif, penggunaan materi yang relevan, dan dukungan guru yang memadai memainkan peranan kunci dalam keberhasilan implementasi metode ini.Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Qiroati dapat menjadi alternatif yang efektif
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di lingkungan pendidikan Islam. Rekomendasi disampaikan untuk pengembangan lebih lanjut dari metode ini serta untuk mendukung penggunaannya dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an di
lembaga-lembaga pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Qiroati |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:18 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:18 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1732 |