PENGARUH METODE MUROJA’AH (Mengulang) TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN

Luthfiyah, Khilda Izzatul (2024) PENGARUH METODE MUROJA’AH (Mengulang) TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081056-KHILDA IZZATUL LUTHFIYAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari asumsi bahwa metode muroja’ah merupakan salah satu metode yang paling berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an di pondok pesantren as-syafi’iyah program tahfidz sidoarjo. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan
metode muroja’ah (mengulang) program tahfidz al-qur’an dipondok pesantren assyafi’iyah? 2) Bagaimana kualitas hafalan al-qur’an dipondok pesantren assyafi’iyah program tahfidz putri sidoarjo? 3) Apakah ada pengaruh metode
muroja’ah terhadap kualitas hafalan al-qur’an di pondok pesantren as-syafi’iyah program tahfidz putri sidoarjo?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuntitatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif (correlational studies). Adapun pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuisioner yang mana
Angket yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah angket berbentuk skala likert dengan pertanyaan bersifat tertutup yaitu jawaban atas pertanyaan yang diajukan sudah disediakan. Data yang diperoleh akan dianalisis secara statistik dengan menggunakan tehnik Korelasi Product Moment dengan bantuan spss 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode muroja’ah terbukti dapat meningkatkan kualitas hasil hafalan al-qur’an. Adapun
hasil yang diperoleh adalah: 1) Metode muroja’ah mendapatkan perolehan skor jawaban yang masuk dalam kategori sangat baik dengan hasil presentase sebesar 78,4% - 80% dan kategori paling kecil dengan hasil presentase sebesar 63%. 2)
Kualitas hafalan al-qur’an mendapatkan hasil melalui penyebaran angket dengan hasil presentase 80% dalam kategori sangat baik, dan yang dibawah rata-rata dengan hasil presentase 68% dalam kategori baik. 3) Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara metode muroja’ah dan kualitas hafalan Al-Qur'an (r = 0,609, p < 0,01). Ini mengindikasikan bahwa semakin baik pelaksanaan metode muroja’ah, semakin
tinggi juga kualitas hafalan Al-Qur'an yang dicapai oleh santri di pondok pesantren As-syafi’iyah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Muroja’ah, Kualitas Hafalan Al-qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:18
Last Modified: 24 Sep 2025 07:18
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1733

Actions (login required)

View Item
View Item