PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL MUTTAQIN SUMBEREJO GEDANGAN MALANG

Khotimah, Khusnul (2024) PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUL MUTTAQIN SUMBEREJO GEDANGAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081139-KHUSNUL KHOTIMAH-BAB 5.pdf

Download (956kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan proses belajar mengajar Al Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an Darul Muutaqin Sumberejo Gedangan Malang. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses penerapan Metode Qur’ani Sidogiri yang mempengaruhi proses terlaksananya pembelajaran yang kondusif . Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Sistem Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri di Lembaga Taman Pendidikan Al
Qur’an Darul Muttaqin 2) Apa saja upaya guru dalam pengondisian anak anak untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif di Taman Pendidikan Al
Qur’an Darul Muttaqin. 3) Apa saja macam-macam faktor yang menghambat pada saat pembelajaran Metode Qur’ani Sidogiri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Darul Muttaqin. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif.Dalam penelitian deskriptif,penelitian yang penulis lakukan masuk pada desain penelitian studi kasus dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan,wawancara mendalam dan dokumentasi,dengan menggunakan analisis reduksi data,penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan metode qur’ani sidogiri dapat mempermudah dan meningkatkan proses belajar membaca Al Qur’an dengan menggunakan lagu lagu supaya anak anak tidak merasa bosan
dikarenakan pada jenjang ini anak anak masih berusia 5-10 tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Qur’ani Sidogiri,Upaya guru dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif dan hambatan faktor belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:19
Last Modified: 24 Sep 2025 07:19
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1734

Actions (login required)

View Item
View Item