Hayati, Lia Nur (2024) UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII MTs. MIFTAHUL ULUM SIDODADI GEDANGAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081037-LIA NURHAYATI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya kemampuan baca tulis Al-Qur‟an kelas VIII di MTS Miftahul Ulum Sidodadi Gedangan. Kemampuan tersebut terdiri dari beberapa point seperti belum lancar membaca Al-Qur‟an, kurang fasih mengucapkan makhorijul huruf, kurang berminat dalam mata
pelajaran Al-Qur'an Hadits dan kurang aktif dalam mengikuti mata pelajaran Al-Qur'an Hadits Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur‟an siswa kelas VIII
MTs. Miftahul Ulum Sidodadi Gedangan.Upaya guru Al-Qur‟an Hadits adalah sebuah usaha pendidik dalam mengajar, mendidik, membimbing dan memfasilitasi peserta didik untuk
mencapai tujuan pendidikan dengan cara mengajarkan membaca dan menulis Al-Qur‟an.Sebagai guru Al-Qur‟an Hadits harus mampu meningkatkan kemampuan peserta didiknya dalam membaca dan menulis Al-Qur‟an karena hal itu merupakan modal utama dalam mempelajari makna-makna yang terkandung dalam Al-Qur‟an. Adapun tujuan penelitian Untuk mendiskripsikan kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Sidodadi Gedangan, mendeskripsikan upaya guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa di MTs. Miftahul Ulum Sidodadi Gedangan, mendeskripsikan faktor
pendukung dan faktor penghambat upaya guru Al-Qur‟an Hadits dalam meningkatkan kemampuan BTQ siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Sidodadi Gedangan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi.Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisis dengan menggunkan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan yaitu bekerja sama dengan wali murid, memberikan motivasi kepada siswa unuk sering
membaca Al-Qur‟an agar kemampuannya dalam membaca Al-Qur‟an meningkat , dan menggunakan metode iqra’ dan yanbu’a dalam pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur‟an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru Al – Qur‟an Hadits dan Kemampuan Baca Tulis Al – Qur‟an |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:19 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1736 |