IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ARAB PEGON BAGI SANTRI BARU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AN-NUR 3 MURAH BANYU

Karima, Mar’atul (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ARAB PEGON BAGI SANTRI BARU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AN-NUR 3 MURAH BANYU. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2086208128-MA'R'ATUL KARIMA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya santri tingkat akhir diniyah, yang belum bisa menulis Arab p egon dan ada yang tidak bisa membaca tulisan Arab nya sendiri, sehingga santri belum bisa membaca maknaan kitab kuning, maka
untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan implementasi pembelajaran Arab pegon bagi santri baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3 Murah Banyu. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana
kualitas embelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3 Murah Banyu. 2) Bagaimana Implementasi pembelajaran Arab pegon bagi santri baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3
Murah Banyu. 3) Apa faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran Arab pegon bagi santri baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3 Murah Banyu. Tujuan penelitian yaitu 1. untuk mengetahui kualitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3 " Murah Banyu”. 2.untuk mengetahui implementasi pembelajaran Arab pegon bagi santri baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning dipondok pesantren An-Nur 3 " Murah Banyu”. 3. untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi
pembelajaran Arab pegon bagi santri baru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren An-Nur 3 " Murah Banyu” Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif eksploratif. Penelitian kualitatif eksploratif adalah pendekatan untuk mengeksplorasi dan
memahami makna individu atau kelompok dalam menanggapi masalah sosial atau manusia, dikatakan penelitian kualitiatif eksploratif yaitu mencoba untuk menghasilkan informasi dan pengetahuan di bidang yang sebelumnya masih kurang diteliti. Hasil dari penelitian ini materi yang disampaikan dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran Arab pegon disampaikan secara menyeluruh dan
terperinci, karena jika materi tidak disampaikan secara menyeluruh akan berdampak dalam pembelajaran kitab kuning, santri akan sulit untuk memahaminya dan untuk memperdalam pemahaman, setelah materi latihan sudah tersampaikan pasti mengadakan latihan-latihan soal dan pada pertemuan terakhir santri belajar maknani kitab sehingga kedepannya santri mampu maknani kitab kuning dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah Arab pegon.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Arab pegon, kitab kuning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:27
Last Modified: 24 Sep 2025 07:27
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item
View Item