Romadhoni, M.Syahri (2024) IMPLIKASI KESENIAN BANTENGAN PADA PERILAKU SISWA DI MI HIDAYATUS SIBYAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081003-MUCH SYAHRI ROMADHONI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kesenian bantengan adalah hal yang lagi semarah di lingkungan masyarakat malang, yang pastinya sangat diperhatikan baik dalam segi implikasi negative maupun positifnya, maka dari itu peneliti menganalisi hal tersebut dan dijadikan objek penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini tidak lain adalah untuk mengetahui seberapa mendalam civitas Pendidikan MI Hidayatus Sibyan mengetahui tentang kesenian bantengan dan apa saja implikasi yang terjadi pada
perilaku siswa yang dikarenakan kesenian bantengan dan yang terakhir apa upaya guru dalam mengatasinya. Yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kehadiran peneliti bertindak langsung sebagai instrumen lapangan dan sebagai pengumpul data dari
hasil observasi. Data yang berbentuk kata-kata yang diambil dari para informan atau responden pada waktu mereka diwawancai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedang data tambahan berupa
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapat kesenian bantengan tetap sebagai suatu hal yang perlu di lestarikan, karena sebuah budaya.tetapi dari
hal tersebut harus ada pengimbang ketika ada hal negative yang muncul dari kesenian bantengan. Terkait implikasi kesenian bantengan peneliti mendapatkan hasil bahwa di MI Hidayatus sibyan masih banyak implikasi negatifnya daripada
positifnya. Dan terkait upaya guru dalam mengadapi dampak negative kesenian bantengan adalah dengan sewajarnya seorang guru menugur ketika ada yang salah dan memberi motivasi untuk muridnya, dan tak lupa pula pendekatan terhadap
orang tua agar bisa mengontrol anaknya yang terkena implikasi negative dari kesenian bantengan. Kesimpulannya yakni adalah menjaga nilai kebudayaan yang harus dijaga
semaksimal mungkin, tetapi harus ada netralisir ketika budaya tersebut ada dampak negatifnya terhadap ranah Pendidikan, dan guru mendidik murid harus selayaknya sebagai pendidik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesenian bantengan, pengaruh, perilaku siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:49 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1752 |