ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS 8B DI MTS. NU MUALLIMIN GONDANGLEGI

Ash Shiddiqy, Muhammad Hilmy (2024) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA KELAS 8B DI MTS. NU MUALLIMIN GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081033-MUHAMMAD HILMY ASH SHIDDIQY-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peneliti ini di latar belakangi oleh penyebab rendahnya minat belajar siswa di kelas 8B yang menjadi proritas pertama seorang guru dan wali murid untuk meningkatkan mutu atau motivasi belajar siswa di MTs. NU Muallimin Gondanglegi khusus nya di kelas 8B yang kurang dalam meningkatkan paya
semangat belajar, yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengarui minat belajar siswa seperti : 1. Kurangnya pengawasan guru terhadap semangat belajar siswa untuk menerima materi pembelajaran, 2. Kurang pengawasan orang tua di rumah dalam meningkatkan belajar siswa, 3. Kurangnya model pembelajaran yang membuat siswa tersebut semangat dalam menerima pembelajaran lagi.Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : 1. Bagaimana Minat Belajar Siswa Kelas 8B di MTs.NU Mualimin Gondanglegi, 2. Bagaimana Faktor pendukung dan penghambat mina belajar Siswa kelas 8B di MTs. NU Muallimin Gondanglegi, 3. Bagaimana Upaya Guru untuk Siswa menjadi Motivasi belajar di Kelas 8B MTs. NU Muallimin Gondanglegi. Sedangkan tujuanpenelitian ini
untuk mengetahui minat belajar siswa , untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat siswa tidak semangat nya dalam belajar, dan yang terakhir untuk mengetahui langhkah atau upayayang di lakukan guru untuk meningkatkan mutu
dan motivasi siswa semangat dalam menerima pembelajaran lagi.Untuk memperoleh data data yang di butuhkan, di gunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Data yang di Peroleh di paparkan dengan Metode Deskriptif Kualitatif. Dari Penelitian ini dapat di simpulkan Bahwa : 1, Kurangnya Minat Belajar siswa dalam meneria materi yang di
sampaikan, kurangnya pengawasan orang tua, 2. Factor penghambat salah satunya adalah fasilitas yang kurang memadahi sebagai sarana penunjung menerima pembelajaran, tetapi kuatnya system peningkatan spiritual yang di cetuskan oleh Koordinator guru Agama dengan adanya Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKUA), 3.Upaya meingkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran dengan alam dan pendekatan secara emosional yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk menjadikan siswa menjadi empati kepada yang lebih tua, dan lebih menghormati.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:21
Last Modified: 25 Sep 2025 02:21
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item
View Item