RELEVANSI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP ISLAM NGEBRUK

ASSYAFA’AH, NADHIV ULVIYA (2024) RELEVANSI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP ISLAM NGEBRUK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081081-NADHIV ULVIYA ASSYAFA'AH-BAB 5.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang minim terhadap nilai-nilai agama islam. Banyak faktor yang peneliti temui terkait Relevansi nilai-nilai agama islam dalam kegiatan projek P5 menurut peneliti sangat penting untuk dijadikan penelitian karena tidak semua peserta didik faham dan mengerti tentang nilai-nilai agama islam meskipun bersekolah dalam lembaga yang bernaungan islam akan tetapi
banyak latar belakang dari peserta didik yang minim terhadap nilai-nilai agama islam. Maka dari itu dengan adanya relevansi nilai-nilai agama islam yang dikaitkan dalam
projek penguatan profil pelajar pancasila dapat menambah wawasan serta keilmuwan nilai-nilai agama islam yang ada dalam SMP Islam Ngebruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep P5 di SMP Islam Ngebruk, Relevansi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Projek P5 di SMP Islam Ngebruk serta
Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program P5 di SMP Islam Ngebruk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yaitu mengkaji data dalam bentuk kata – kata dan tindakan manusia tanpa melakukan perhitungan terhadap data yang didapat sehingga tidak megkaji angka – angka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus untuk mengetahui fenomena atau kejadian
secara langsung dan turun ke lapangan atau sekolah untuk mengamati fenomena atau kejadian yang terjadi.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Islam Ngebruk bahwa pelaksanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar pancasila berjalan berdasarkan pedoman kurikulum merdeka. Peserta didik dari kelas tujuh hingga kelas delapan mengikuti kegiatan projek ini berdasarkan tema yang telah disepakati. Dari beberapa tema yang ada, fokus pada penelitian ini mengambil tema kearifan lokal yang
mana wujud kegiatan dari tema kearifan lokal yakni banjari, nasyid, dan adzan ketiga kegiatan inilah yang memiliki relevansi dengan nilai nilai agama islam dimana hal ini
selaras jika dihubungan dengan dimensi profil pelajar pancasila yang pertama yakni

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Relevansi, Nilai-Nilai Agama Islam, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:55
Last Modified: 25 Sep 2025 02:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1760

Actions (login required)

View Item
View Item