Azizah, Novi Qorimatul (2024) PROBLEMATIKA KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI PRONOJIWO 03. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081089-NOVI QORIMATUL AZIZAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan , melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada anak usia dini alur Pendidikan formal, Pendidikan dasar, dan Pendidikan menengah.Guru adalah faktor terpenting dalam proses pembelajaran,karena menjadi salah satu sumber dalam mendampingi siswa untuk mencapai hasil yang diharapkan. Dalam pelaksanaan tugasnya, guru dikatakan berhasil ketika murid dapat belajar dengan efektif dan nyaman, baik itu dari segi pengelolaan kelasnya, ataupun dari penerapan
strategi kurikulum yang mampu membuat proses pembelajaran memberikan efektif yang positif bagi murid.Berdasarkan hal tersebut, fokus penelitian ini yaitu: 1) apa problematika
kompetensi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD Negeri Pronojiwo 03, 2)bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SD Negeri Pronojiwo 03.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, yang mana bersumber dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian setelah data-data sudah terkumpul dan dianalisis melalui reduksi data yakni mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Pertama, kompetensi
pedagogik kendala yang pertama terkait permasalahan terhadap ketidakmampuan guru dalam memahami karakteristik peserta didik dari aspek intelektual dan moralnya, yang
kedua merancang sebuah perencanaan pembelajaran dikarenakan keterbatasan media, kurangnya penguasaan guru terkait metode pembelajaran dan peserta didik yang kurang antusiasnya dalam belajar. Kedua, Kompetensi profesional: kesulitan dalam
menyusun bahan ajar, karena terbatasnya sarana prasarana maupun media dan karena kurangnya penguasaan terkait teknologi Komputer.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, kompetensi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1763 |