Eriyanti, Sartika Dwi (2024) PENERAPAN METODE CERAMAH, PRAKTEK DAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ANNUR AL-ANWAR BULULAWANG KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081127-SARTIKA DWI ERIYANTI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP An Nur Al-Anwar Bululawang. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktivitas dan prestasi belajar. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah: 1)
Bagaimana penerapan metode ceramah, praktek dan diskusi pada
pembelajaran pendidikan islam di SMP An-Nur Al-Anwar, 2) Bagaimana prestasi belajar siswa di SMP An-Nur Al-Anwar dengan menggunakan metode ceramah, praktek dan diskusi, 3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dari metode ceramah, praktek dan diskusi yang sudah diterapkan.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan
metode ceramah, praktek dan diskusipada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP An-Nur Al-Anwar, 2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII dengan menggunakan metode ceramah, praktek dan diskusi
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Dalam jenis penelitian deskriptif, penelitian yang penulis lakukan masuk pada desain penelitian studi kasus dan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode ceramah, praktek dan diskusi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan metode ceramah, praktek dan diskusi, Meningkatkan prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:05 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1775 |