Shahid, Shahid (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MAPEL PAI DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP AL-LATHIFI GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081067-SHAHID-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan merupakan bidang terpenting dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter. Sistem yang baik dan sesuai perkembangan zaman akan memudahkan tujuan pendidikan tercapai. Kurikulum merdeka yang baru saja dijalankan diproyeksikan akan mampu memberikan lulusan
peserta didik indonesia yang berkualitas dan memiliki karakter kuat sesuai tantangan zaman. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka mapel Pai dalam mewujudkan profil pelajar pancasila 2) untuk
mengetahui kurikulum merdeka dalam proses implementasi di SMP Al-Lathifi Gondanglegi. Dan 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnnya.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Kemudian jenis penelitian yang
digunakan yaitu studi pustaka dan penelitian lapangan di SMP Al-Lathifi Gondanglegi dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi berkaitan dengan penerapan kurikulum merdeka dalam upaya mewujudkan profil pelajar pancasila. Teknik analisis data menggunakan 3 teknik berupa reduksi data, analisis data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh adalah 1) kurikulum merdeka ini adalah seperangkat sistem pendidikan di Indonesia yang memiliki karakteristik menjalankan pembelajaran sesuai kemampuan peserta didik. Pemerintah
mengambil kebijakan tersebut sebagai cara untuk mencetak lulusan peserta didik berkualitas dan karakter kuat berupa profil pelajar pancasila melalui pengembangan
kemampuan yang dimiliki setiap individu. 2) SMP Al-Lathifi Gondanglegi telah menjalankan kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka semenjak tahun pelajaran 2022-2023. Dalam pelaksanaan pembelajaran telah disesuaikan
dengan keberagaman serta kemampuan peserta didik dalam menyerap materi sebagaimana rancangan kurikulum merdeka yang diatur pemerintah sekaligus kegiatan penguatan profil pelajar pancasila. 3) Kurikulum merdeka yang diterapkan
di SMP Al-Lathifi Gondanglegi miliki kontribusi dalam pembentukan karakter peserta didik yang bernilai pancasila. Hal ini dapat dilihat dari kualitas peserta didik yang berdaya saing tinggi dan berkarakter kuat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impementasi kurikulim merdeka mapel pai, dalam memebentuk profil pelajar pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:05 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1776 |