Ilma, Siti Barokah Nuril (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA MENARA SUCI PAKISAJI MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081018-SITI BAROKAH NURIL ILMA-BAB 5.pdf
Download (974kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh RA Menara Suci merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk membantu meletakkan dasar terbentuknya pribadi muslim seutuhnya dalam mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik, yanga meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosiaonal, kognitif, bahasa, fisik motorik, seni. Adapun hal menarik yang ada di RA Menara Suci yaitu banyak sekali alumni RA Menara Suci yang mencapai prestasi akademik maupun non akademik dan menghasilkan alumni yang berpotensi dengan biaya administrasi yang terjangkau, serta bisa hafal do’a sehari-hari, beberapa surah pendek serta beberapa Hadits.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai agama yang di terapkan pada anak usia di di ra menara suci, metode yang diterapkan oleh guru dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak usia di di ra menara suci, faktor pendukung dan penghambat guru dalam penanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini di ra menara suci
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi fenomenologis. Teknik pengumpulan data dengan cara: 1) wawancara yang mendalam 2) Observasi lapangan 3) studi dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini dengan: 1) reduksi data 2) penyajian data, serta 3) verifikas, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kebasahan data dengan cara triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Nilai-nilai yang ditanamkan di RA Menara Suci yaitu ada 3 nilai aqidah, akhlak, dan ibadah. 2) RA Menara Suci menggunakan 4 metode yakni metode keteladanan (seperti halnya menunjukkan mana sikap baik dan buruk), metode pembiasaan (melakukan pembiasaan pada anak seperti
berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan, selalu bersikap sopan pada yang lebih tua, membereskan alat tulisnya kembali) metode cerita (pendidik seringkali membacakan buku cerita pada siswa tentang akhlak, tentang peristiwa-peristiwa di islam seperti isro’ mi’roj, maulid nabi, dll), dan metode karya wisata (metode ini dilakukan pada saat puncak tema untuk melihat ciptaan Allah seperti manusia,
tumbuhan, hewan, benda lainnya).3) faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan nilai-nilai agama islam di RA Menara Suci yakni pendidik mampu menyampaikan ajaran agama dengan baik, berada di kawasan pesantren dan anak-anak
mampu mengikuti hingga mempraktekkan apa yang diajarkan pendidik, faktor penghambatnya peserta didik masih belum fokus dan belum teratur karna masih usia dini, kurangnya komunikasi orang tua, guru dan anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:09 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:09 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1780 |