Istikharoh, Siti Inayatul (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FIKIH DI KELAS V MI MAMBAUL ULUM SEPANJANG GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081016-SITI INAYATUL ISTIKHAROH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih dikelas V MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi. Upaya guru adalah usaha dan ikhtiar seorang pendidik untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa dan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai pendidik guru memiliki tangung jawab penting dalam proses pembelajaran. Salah satunya cara untuk meningkatkan minat belajar siswa terutama pada mata pelajaran fikih. minat belajar menjadi peran penting dalam proses pembelajaran karena dorongan siswa untuk mencapai tujuan belajar yang di inginkan, dengan adanya minat belajar siswa bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa
terhadap mata pelajaran fikih di kelas V MI Mambaul Ulum Sepanjang Gondanglegi.Untuk fokus permasalahan pada penelitian ini yakni, bagaimana minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih dikelas V, bagaimana upaya guru
dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih di kelas V, dan apasaja faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih di kelas V. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fikih dikelas V, Untuk mendeskripsikan upaya guru
dalam meningkatkan minat belajar siswa dikelas V dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa dikelas V Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dengan rancangan deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data terkumpul dari teknik tersebut di analisi dengan menggunakan reduksi data,
penyajian dan verifikasi (kesimpulan) Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa di kelas V
bermacam-macam tergantung pada siswanya masing-masing. upaya guru dalam memberikan dorongan dan membangkitkan semangat belajar siswa melalui berbagai cara termasuk, melakukan pendekatan, menggunakan media dan metode pembelajaran yang berfariasi, memberikan hadiah. Sedangkan faktor penghambat
upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah kurangnya peran orang tua atau dorongan belajar dari orang tua, rasa malah dari dalam diri siswanya dan teman sebaya atau lingkungan sekitar seperti masyrakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upaya guru dan minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:10 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1781 |