PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V

Kirom, Ani Muarofatul (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321018-ANI MUAROFATUL KIROM-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari beberapa hambatan pembelajaran yang dialami. Salah satu upaya efektifitas pembelajaran adalah dengan adanya sarana prasarana yang memadai, namun di MINU Jatirejoyoso didapati bahwa salah satu sarana pembelajaran belum tercukupi yaitu bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran hanya buku tulis. Dalam pembelajaran materi tambahan atau latihan peserta didik dituliskan pada papan tulis yang didapati beberapa siswa yang lambat dalam penulisan akan tertinggal selain itu waktu yang dibutuhkan juga relatif panjang sehingga pembelajaran yang berlangsung kurang maksimal. Peneliti memberikan tawaran untuk lembaga terkait tentang perkembangan bahan ajar maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian pengembangan bahan ajar LKPD berbasis CTL kelas V. Dalam hal ini rumusan masalah yang di teliti adalah bangaimana pengembangangan LKPD berbasis CTL, bagaimana kelayakan LKPD berbasis CTL dan bagaimana efektifitas LKPD berbasis CTL. Kemudian penelitian dikembangkan dengan tujuan mengetahui cara mengembangkan LKPD berbasis CTL, kelayakan LKPD berbasis CTL dan efektifitas LKPD berbasis CTL dalam kegiatan pembelajaran. Dalam penggunaanya LKPD berbasis CTL ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar Tematik kelas V. Penelitian pengembangan R&D model ADDIE ini memiliki lima tahapan
yaitu, Analisis, Desain, Development, Implementasi dan Evaluasi. Pada tahap Analiais penelitian dilakukan untuk mengetahui kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran, kurikulum yang digunakan, dan karakteristik peserta didik.
Selanjutnya peneliti akan melakukan desain pada LKPD, instrumen penilaian, tes dan angket respon pesrta didik. Pada tahap devellopment desain LKPD akan di cetak dan di validasi kepada 3 validator yaitu validator ahli materi, media dan lapangan (guru kelas). setelah LKPD melalui tahap validasi selanjutnya LKPD akan di implementasikan. Implementasi LKPD berbasis CTL ini digunakan kepada siswa
kelas V MINU Jatirejoyoso kelanjen. Seletah tahap implementasi dilakukan selanjutnya peneliti akan melakukan evaluasi. Hasil dari penelitian yaitu,1) LKPD berbasis CTL lolos uji validasi dengan hasil "Sangat valid" untuk di gunakan. 2) LKPD berbasis CTL dapat me-ningkatkan
hasil belajar terbukti dengan hasil uji N-gain menunjukkan g=0.7 sehingga LKPD berbasis CTL ini di anggap "sedang" dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, hasil belajar peserta didik, Lembar Kerja Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:55
Last Modified: 25 Sep 2025 03:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item
View Item