EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DRILL DENGAN TEORI DIENES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDI RIYADLUL MUBTADIIN

Lutfiana, Anis (2024) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE DRILL DENGAN TEORI DIENES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDI RIYADLUL MUBTADIIN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321042-ANIS LUTFIANA-BAB 5.pdf

Download (981kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya siswa yang menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan kurang menyenangkan. Pada observasi awal, terlihat penyajian materi pada pembelajaran matematikan kurang menarik bagi siswa sehingga dianggap terlalu membosankan. Hal tersebut
disebabkan guru yang mengajar dengan metode ceramah dan penugasan saja. Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Efektifitas Penerapan Metode Drill Dengan Teori
Dienes Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sdi riyadlumubtadiin?. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas. Peneliti menerapkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan adalah
untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan baru, strategi baru atau pendekatan baru untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain, Di samping itu, penelitian tindakan atau Action
Research . Penelitian ini dilakukan tepatnya di kelas III SDI Riyadul Mubtadiin kedok Malang. Dengan jumlah total siswa 25 yang terdiri dari 7 11 laki-laki dan
17 perempuan. Siswa kelas III memiliki beragam tingkat akademik, diantaranya terdapat siswa yang memiliki tingkat akademik tinggi, sedang, dan rendah. Adapun dari hasil observasi awal ditemukan lebih banyak kelas III memiliki tingkat akademis sedang. Laporan hasil penelitian ini menyajikan hasil aktifitas pembelajaran melalui lembar observasi serta nilai rata-rata dan ketuntasan belajar melaui tes kognitif. Berdasarkan penerapan metode drill di
kelas III SDI Riyadlul Mubtadiin Kedok pada mata pelajaran pecahan senilai pembelajaran mengalami peningkatan. Perolehan kegiatan guru di kelas pada siklus I yaitu 92,30%, sedangkan kegiatan siswa di kelas 62,22% Berdasarkan
pada temuan penelitian, pembahasan, dan simpulan hasil penelitian maka peneliti memiliki beberapa saran sebagai berikut: 1. Sekolah memfasilitasi guru dalam menerapkan metode Pembelajaran drill 2. Guru semakin sering menggunakan
metode pembelajaran yang bervariasi, sesuai kondisi siswa, dan materi pada mata pelajaran yang akan diajarkan. Skripsi ini menjadi tambahan khazanah ilmu pengetahuan, khususnya pada penerapan metode drill dalam pembelajaran matematika di Pendidikan Dasar. vi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode drill, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:56
Last Modified: 25 Sep 2025 03:56
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item
View Item