PENGARUH DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL ULUM BANJAREJO

Maulidah, Maulidah (2024) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MAMBAUL ULUM BANJAREJO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321014-MAULIDAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya hasil belajar siswa yang dimana salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kedisiplinan belajar. Beberapa siswa cenderung memiliki kedisiplinan belajar yang baik tetapi nilainya kurang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adapun siswa yang kedisiplinan belajarnya kurang tetapi nilainya baik terutama pada mata pelajaran matematika, dan bahwasannya kedisiplinan belajar dalam proses belajar memicu
munculnya dorongan untuk belajar hal ini yang melatarbelakangi peneliti ingin melakukan penelitian ini.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Adakah pengaruh disiplin terhadap hasil belajar matematika siswa MI Mambaul ulum Banjarejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa MI Mambaul ulum
Banjarejo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI Mambaul ulum Banjarejo yang keseluruhan berjumah 288 siswa dan diambil sampel sebanyak 43 siswa. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Metode yang digunakan untuk memperoleh data menggunakan absensi dan nilai rapot. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji
normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Derajat hubungan nilai pearson product moment tersebut 0,072,
kesimpulannya adalah variabel x terhadap variabel y terdapat korelasi dengan derajat hubungan yaitu antara 0,61 s/d 0,81 termasuk dalam derajat hubungan kuat dan termasuk hubungan positif. Adapun kedisiplinan belajar (x) dengan hasil
belajar matematika (y) mendapatkan nilai signifikan 0,648 lebih dari 0,005 dan nilai pearson product moment berdasarkan r tabel maka r hitung lebih dari r tabel
yaitu 0,072 lebih dari 0,720 maka dapat disimpulna bahwa ada hubungan antara variabel x dan y.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disiplin, Hasil Belajar, Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:59
Last Modified: 25 Sep 2025 03:59
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item
View Item