PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY UNTUK MEMAHAMKAN SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN BOOKCREATOR

Ratnasari, Mita Dwi (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INQUIRY UNTUK MEMAHAMKAN SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN BOOKCREATOR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321019-MITA DWI RATNASARI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, guru sering menggunakan metode ceramah dan jarang sekali menggunakan media yang bervariasi serta menarik, keterbatasan waktu guru dalam pembuatan modul. Sedangkan siswa lebih focus, tertarik dan antusias dalam penggunaan media elektronik, Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan E-Modul Matematika Mudah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuannya (1)Untuk Proses pengembangan E-Modul materi keliling dan luas bangun datar
menggunakan Bookcreator pada kelas V MI Hasyim Asy’ari (2) Untuk mengetahui Kelayakan E-Modul materi keliling dan luas bangun datar menggunakan Bookcreator pada kelas V MI Hasyim Asy’ari,(3) Untuk mengetahui kadar efektifitas E-Modul materi keliling dan luas bangun datar menggunakan
Bookcreator pada kelas V MI Hasyim Asy’ari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (development and research) model Borg & Gall dengan langkahlangkahnya yang terdiri dari 10 tahapan, diantaranya: a) penelitian dan pengumpulan informasi awal, b) perencanaan, c) pengembangan format produk awal, d) uji validasi ahli, e) revisi produk, f) uji coba kelompok kecil, g) revisi produk, h) uji coba kelompok besar, i) revisi produk akhir, j) desiminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul yang digunakan layak digunakan sebagai
media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil dari para validator diperoleh hasil dengan kriteria layak. Selanjutnya hasil dari uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa, sehingga E-Modul ini katakan layak dan efektif untuk pembelajaran matematika. Hasil dari efektifitas Media E-Modul ditunjukkan dengan adanya peningkatan 80% ahli materi, 85% dan ahli praktis 87% . Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar sebanyak 21%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, e-modul, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 03:59
Last Modified: 25 Sep 2025 03:59
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item
View Item