PERAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA DESA DUWET KRAJAN KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

Junaidi, Muhammad Fahmi (2024) PERAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL HUDA DESA DUWET KRAJAN KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321049-MUHAMMAD FAHMI JUNAIDI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang yang belum bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Banyak faktor yang peneliti temui selama dalam proses penelitian seperti
kurangnya pengawasan dari orang tua, serta faktor lingkungan adanya hiburan jaranan yang berpengaruh negative pada anak.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang, peran keluarga dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul
Huda Tumpang, peran masyarakat Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dalam proses pendidikan keagamaan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda, faktor pendukung dan penghambat peningkatan
kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang.
Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti melakukan 4 tahapan: pra penelitian, melaksanakan penelitian, mengelola data, menuliskan hasil dari penelitian dalam bentuk laporan penelitian. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrument penelitian yang terdiri dari: wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan kemampuan dan belum
merata kecakapan Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang. Keberadaan keluarga bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang sangat mendukung dan bisa meningkatkan kemampuan serta prestasi Baca Tulis Al-Qur’an. Keterlibatan masyarakat Desa
Duwet Krajan dalam proses pendidikan keagamaan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang tidak bisa dihindarkan. Yang menjadi faktor pendukung peningkatan kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah
Ibtidaiyah Miftahul Huda Tumpang pembiasaan kegiatan keagamaan, keberadaan Madrasah Diniyah, perhatian orang tua, dukungan dan keterlibatan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya
fasilitas, rendahnya jenjang pendidikan dan penghasilan ekonomi orang tua siswa, serta kurangnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga dan Lingkungan Masyarakat, Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:01
Last Modified: 25 Sep 2025 04:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item
View Item