NURYUKHA, NOVITA LAILINA (2024) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III B MI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321006-NOVITA LAILINA NURYUKHA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas III B MI, Adapun rumusan penelitian ini adalah :Bagaimana Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI, Faktor apa sajakah yang mendukung dang menghambat Upaya guru dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI, dan Bagaimana usaha guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI. Sedangkan tujuannya untuk mendeskripsikan Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI, Dan untuk mendeskripsikan usaha guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI. Adapun lokasi penelitian di MINU Curungrejo Kepanjen. Jenis penelitian
ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dalam pelaksanaan penelitiaanya memang terjadi secara apa adanya, dalam situasi normal yang keadaan dan kondisinya, menekan pada deskripsi secara alamiah. Di samping itu dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk respondennya itu kepala sekolah, guru kelas atau guru
mata pelajaran, dan sisswa. Tahap-tahap penelitian meliputi : tahap persiapan, tahap penyelesaiaan. Anilisis data meliputi teknik analisis deskiptif kualitatif, sehingga hasil dari penelitian ini lebih banyak menghasilkan data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati.
Hasil penelitian yang menunjukkan Upaya guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III B MI dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, evaluasi, tes, penilaian, remedial dan pengayaan. Adapun faktor penghambat meliputi terbatasnya waktu, minat siswa rendah, pemahaman guru minim, penilaian hasil belajar rumit dan kurangnya perhatian orang tua.
Sedangkan faktor pendukung adalah SDM guru cukup memadai, sarana prasarana yang memadahi, input siswa cukup tinggi, dukungan pemerintah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Solusinya
adalah mengintegrasikan ekstrakurikuler ke
pembelajaran, meningkatkan kompetensi guru, musyawarah guru sebagai wadah pengalaman dan pengembagan, pengelolaan waktu fleksibel, memotivasi siswa, kerjasama dengan orang tua, dan penyediaan satana prasarana memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran tematik, Prestasi belajar, Upaya guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:02 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:02 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1840 |