Khairunnissa’, Rezka (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PLANT ORGANIZATION CARD (POC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321001-REZKA KHAIRUNNISSA'-BAB 5.pdf
Download (998kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran, pendidik masih menggunakan metode konvensional yang hanya berpegangan dengan buku serta lks yang sudah tersedia gambar dan soal-soal membuat peserta didik bosan dan kurang
termotivasi didalam menerima pembelajaran. Kurangnya motivasi belajar serta kurangnya kemampuan peserta didik dalam mengingat materi yang sudah mereka pelajari sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media Plant Organization Card (POC) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan media Plant Organization Card (POC) yang dihasilkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sub topik bagian tubuh tumbuhan pada kelas IVB MINU Curung
Rejo Kepanjen ? (2) Bagaimana kelayakan media Plant Organization Card (POC) untuk digunakan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sub topik bagian tubuh tumbuhan pada kelas IVB MINU Curung Rejo Kepanjen?
(3) Bagaimana efektifitas media Plant Organization Card (POC) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) sub topik bagian tubuh tumbuhan pada kelas IVB MINU Curung Rejo Kepanjen? Sedangkan tujuannya untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan
media pembelajaran Plant Organization Card (POC)
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE dengan langkah- langkahnya yang terdiri dari 5 tahapan, diantaranya: a) analysis, b) disgn, c)
development, d) implementation e) evaluation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Plant Organization Card (POC) layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi dari ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Kelayakan dan keefektifan yang diberikan dari
hasil validasi ahli media 97,73% dan ahli materi yaitu 77,5%, ahli praktisi yaitu 88,46%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini layak dan valid digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan
peningkatan hasil belajar siswa pada uji coba kelompok besar sebanyak 75%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, Plant Organization Card (POC), hasil belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:02 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:02 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1841 |