PENGEMBANGAN MEDIA POPUTAR (POP-UP TANGGA PINTAR) PADA MATERI SATUAN PANJANG BAGI SISWA KELAS 3

Laksana, Septiana Anggun Puspita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POPUTAR (POP-UP TANGGA PINTAR) PADA MATERI SATUAN PANJANG BAGI SISWA KELAS 3. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20862321031-SEPTIANA ANGGUN PUSPITA-BAB 5.pdf

Download (874kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika kelas 3 MINU Curungrejo, Kepanjen. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pemebalajaran yang mempengaruhi aktivitas dan hasil
belajar seperti: 1. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menghafal nama atau urutan satuan panjang serta bagaimana cara untuk menghitung satuan panjang tersebut. 2.Kurangnya media yang bervariasi dan menarik sehingga peserta didik mudah bosan. Maka untuk mengatasi maslah tersebut peneliti menerepkan Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses
pengembangan dan kelayakan media POPUTAR (Pop-Up Tangga Pintar) yang di hasil pada materi satuan panjang bagi siswa kelas 3 Di MINU Curungrejo. Sedangkan tujuannya: Untuk mengembangkan dan menghasilkan serta untuk menguji dan mengetahui kelayakan media POPUTAR (Pop-Up Tangga Pintar)
pada materi satuan panjang bagi siswa kelas 3 di MINU Curungrejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D), dengan menggunkan langkahlangakah penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model Borg and Gall.
Dalam pengembangan ini ada 10 tahap, namun penulis hanya membatasi sampai 7 tahap penelitian dikarenakan keterbatasan waktu dan juga peneliti hanya ingin melihat produk layak atau tidak digunakan sebagai media pembelajaran Matematika di kelas 3 MINU Curungrejo, Kepanjen. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode Penelitian
Dan Pengembangan Research And Development (R&D) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data dari ahli materi pertama mendapat prosentase 87% dan ahli materi kedua mendapatkan presentase
98% yang artinya produk valid/layak untuk digunakan. Sedangkan dari ahli media pertama mendapatkan presentase 93% dan ahli media kedua mendapatkan presentase 95% yang artinya produk valid/ layak untuk digunakan. Adapun nilai
rata-rata uji coba kelompok kecil yang menggunakan produk yaitu 67 dengan presentase 67%, sedangkan rata-rata sebelum menggunakan produk yaitu 91 dengan presentase 91%. Sedangkan rata-rata uji coba kelompok sedang yang menggunakan produk adalah 42 dengan presentase 42%, sedangkan rata-rata
sesudah menggunakan produk adalah 85 dengan presentase 85%. maka dapat dikatakan bahwa produk media POPUTAR (Pop-Up Tangga Pintar) sangat efektif dan layak untuk digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Penelitian Dan Pengembangan Research And Development (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:03
Last Modified: 25 Sep 2025 04:03
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item
View Item