Maulidiana, Siti (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL IPAS BERBASIS PICSTOR (PICTORIAL STORY) MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV MI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-20862321005-SITI MAULIDIANA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik. Terdapat beberapa faktor peneliti temui diantaranya bahan ajar kurang menarik siswa, buku paket, isi dan gambar pada buku paket tidak bewarna cerah dan tegas,
dan Kualitas bahan pada buku paket mudah rusak, tergulung dan robek. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan bahan ajar digital PICSTOR agar minat, aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan bahan
ajar digital IPAS berbasis PICSTOR materi Indonesiaku kaya budaya di kelas IV MINU Curungrejo. Sedangkan tujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar IPAS berbasis PICSTOR untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV
pada materi Indonesiaku kaya budaya MINU Curungrejo Kepanjen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Peneliti melaksanakan penelitian dengan model pengembangan Borg & Gall, melalui 7 tahap yakni Potensi Dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk,Produk Final. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan
meliputi: angket, tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar digital PICSTOR
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada uji kelompok kecil sebelum penggunaan media nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 46,6 dengan kategori kurang, sementara itu setelah penggunaaan media nilai rata-rata dari peserta didik berada pada kategori baik dengan nilai 90. Sedangkan pada uji kelompok sedang, nilai rata-rata pre test berada pada kategori kurang dengan nilai 46, dan pada pos test nilai rata-rata siswa adalah 90 dengan kategori baik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar PICSTOR, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 04:05 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1848 |