PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ningsih, Ana Andila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061005-ANA ANDILA NINGSIH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi numerasi siswa pada bidangstudi matematika kelas IV di SDI Salafiyah Gondanglegi.Banyak faktor yang peneliti temui pada proses pembelajaran yang mempengaruhi literasi numerasi siswa. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap literasi numerasi siswa kelas IV di SDI Salafiyah Gondanglegi pada bidang studi Matematika.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain
penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes literasi numerasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Salafiyah Gondanglegi tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh dengan semua populasi dijadikan sampel. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas pada data nilai UAS Matematika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap literasi numerasi siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Hal ini dibuktikan dari nilai sig 0,000 < 0,050 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi numerasi materi bangun datar Pada kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem based learning, literasi numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:32
Last Modified: 25 Sep 2025 07:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item
View Item