Novita, Ari (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECO HEALT EDUTAINMENT BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MEWUJUDKAN PROGRAM GREEN COMMUNITY EDUCATION SISWA KELAS III SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061003-ARI NOVITA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites dengan konsep Eco Health Edutainment guna mendukung pelaksanaan program Green Community Education bagi siswa kelas III SD. Media pembelajaran yang dikembangkan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dan angket kepada siswa dan guru untuk mengetahui kebutuhan dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Implementasi media berbasis Google Sites juga memudahkan akses dan interaksi, menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif.Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD. Penelitian dilakukan
berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Developmnet, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan soal tes keterampilan berpikir kritis
dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator ketercapaian keterampilan berpikir kritis yang diukur adalah aspek menginterpretasi,
menganalisis, mengevaluasi, dan menginferensi.
Hasil yang didapatkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 85%, hasil validasi media yaitu 98,75%, hasil angket respon siswa kelompok kecil dan besar yaitu 96,75% dan 90,41%. Hasil tersebut berarti media sangat valid dan layak
digunakan. Hasil uji gain kelompok besar yaitu 0,74 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa keterampilan siswa kelas III terhadap
materi kesehatan lingungan meningkat setelah menggunakan media pembelajaran interaktif google sites.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Eco Health Edutainment, Google Sites, Green Community Education, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:33 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1857 |