PENGEMBANGAN MEDIA KARBATUNG (KARTU BACA GANTUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Damaiyanti, Fina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KARBATUNG (KARTU BACA GANTUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061004-FINA DAMAIYANTI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan membaca siswa kelas 1 SD negeri 3 Gondanglegi Kulon, siswa kelas 1 SD diwajibkan sudah bisa membaca namun pengenalan huruf belum tuntas pada jenjang TK dan, tidak adanya materi membaca permulaan pada jenjang SD/MI, masih adanya siswa
yang membaca terbata-bata dan belum mengenal huruf dikarenakan media yang di gunakan masih terbatas serta siswa yang belum dapat membaca mengakibatkan siswa merasa minder dan menyerang mental siswa secara halus. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan media membaca KARBATUNG yang layak, valid, efektif, digunakan dalam pembelajaran
membaca permulaan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 sekolah dasar, melalui implementasi media membaca KARBATUNG agar siswa dapat belajar membaca sambil bermain dengan menyenangkan, menarik serta efektif, cepat serta tuntas dalam proses membaca. Penelitian ini menghasilkan produk media yang terdiri dari: kartu baca gantung, papan baca gantung, dan papan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian RnD. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation, Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan soal pre-test dan posttest dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Beberapa indikator yang umum digunakan adalah: kemampuan membaca huruf, kemampuan membaca kata, kemampuan memahami bacaan, kecepatan membaca.
Hasil yang didapatkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 92% dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan. Persentase hasil validasi ahli media yaitu 97% dengan kategori sangat valid atau layak digunakan. Kelayakan
media berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 75% dan pada uji coba kelompok besar sebesar 95%, hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar diperoleh dari hasik perhitungan uji gain (N-Gain). Hasil uji gain kelompok besar yaitu 0,074. Klasifikasi dari hasil perhitungan uji gain pada kelompok besar masuk dalam kategori tinggi, artinya kemampuan membaca
permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar meningkat setelah menggunakan media KARBATUNG (kartu baca gantung).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media kartu baca gantung, kemampuan membaca permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:50
Last Modified: 25 Sep 2025 07:50
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item
View Item