Kinanti, Indah (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU COLORFUL MIND MAPPING (COLMINDMAPP) DALAM MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI - BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI - BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI - BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI - BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI -BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061018-INDAH KINANTI -BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Dilem. Rendahnya minat belajar siswa kelas 2 diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya minat siswa terhadap materi yang diajarkan guru khusunya pada pelajaran PPKN.
Hal tersebut di sebabkan karena pembelajaran yang masih dilakukan secara konvensional oleh guru tidak adanya pemanfaatan media untuk menunjang proses pembelajaran. Mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan
media buku saku colorfull mind mapping (COLMINDMAPP) untuk
meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan adalah: 1) untuk mengethui kevalidan dan kelayakan media buku saku colorfull mind mapping (COLMINDMAPP) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar, 2) untuk mengetahui pengembangan media buku saku colorfull mind mapping
(COLMINDMAPP) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan model pengembangan ADDIE, yaitu : 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3)
Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementaition), 5) Evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan yaitu instrumen observasi, wawancara, dan angket dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil yang didapatkan dari analisa data pada validasi materi yaitu sebesar 96,55% dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan. Sedangkan untuk persentase ahli media yaitu memperoleh persentase sebesar
96,66 % untuk validasi dosen dan 96,55 % untuk validasi guru kelas 2 dengan perolehan kategori sangat valid diantara keduanya. Kelayakan media berdasarkan hasil wawancara kelompok kecil adalah dilakukan revisi pada
bagian bagan (mind mapping) yang memiliki ukuran terlalu kecil untuk di perbesar. Peningkatan minat belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar diperoleh dari hasil perhitungan persentase akhir before sebesar 31% dan hasil
persentase akhir after sebesar 75% dengan persentase kenaikan sebesar 44% dalam kategori tinggi, dengan artian minat belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar meningkat setelah menggunakan media buku saku colorfull mind mapping.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media buku saku colorfull mind mapping, minat belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1871 |