PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CIRCUBLOOD” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS 5

Bil Haqqi, Nabila Azzahra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “CIRCUBLOOD” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS 5. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061042-NABILA AZZAHRA BIL HAQI-BAB 5.pdf

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi digital pada peserta didik Kelas 5 SD Negeri 6 Dampit. Minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis digital dan hasil obserrvasi siswa yang belum sepenuhnya dapat mengambil dan mengolah informasi dari media digital yang mempengaruhi tingkat literasi digital.Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran CircuBlood berbasis android dapat meningkatkan tingkat literasi digital pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah kelas
5. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini, peneliti melaksanakan penelitian dengan melakukan pengembangan media pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Analisis. 2) Desain, 3) Development, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian berupa: lembar angket validasi ahli media dan ahli materi, lembar angket keterbacaan, lembar angket literasi digital, lembar angket respon siswa terhadap media pembelajaran CircuBlood.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validasi yang dilakukan kepada ahli media dan ahli materi diperoleh tingkat validitas rata-rata sebesar 98%. Pada angket keterbacaan diperoleh nilai keterbacaan sebesar 30. Sedangkan pada literasi digital, data diambil sebelum dan
sesudah menggunakan media. Dari data tersebut diperoleh nilai N-gain sebesar 62% dalam kategori media pembelajaran cukup efektif untuk meningkatkan literasi digital siswa. Respon siswa terhadap media mendapatkan nilai sebesar 91%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran digital, sistem peredaran darah, literasi digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:54
Last Modified: 25 Sep 2025 07:54
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item
View Item