PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI DATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 KROMENGAN

handayani, Vina (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI DATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 KROMENGAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061024-VINA HANDAYANI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi data kelas V masih rendah, disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah pada saaat menyampaikan materi, sehingga siswa merasa bosan dan kurang berkonsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif matematika siswa kelas V SDN 2 Kromengan pada materi data dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dalam 2 siklus pembelajaran yang terdiri dari siklus pertama sebanyak 2 kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak 2 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2024. Subyek penelitiannya adalah 18 siswa kelas V SD N 2 Kromengan. Hasil belajar kognitif di peroleh dari hasil pre test dan postest. Aktivitas pembelajaran matematika pada materi data dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa sudah baik memahami
materi. Hal ini dibuktikan dari nilai siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar kognitif matematika pada materi data siswa kelas V SD N 2 Kromengan. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes matematika pada materi data siswa pada siklus 1 50% belum semua siswa mencapai nilai KKM 70 dengan nilai rata-rata sebesar 61,1. Terbukti 15 siswa mendapatkan nilai di bawah nilai KKM 70. Sedangkan pada siklus 2 89% hampir semua siswa sudah mencapai nilai rata-rata 86,5. Hal ini terbukti ada 18 siswa mendapatkan nilai mencapai dan diatas KKM 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan
model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi data di kelas V SD N 2 Kromengan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika, Hasil belajar, kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:56
Last Modified: 25 Sep 2025 07:56
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item
View Item