PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP/MTS DI KECAMATAN TAJINAN

ISLAMIA, IRMA NUR (2025) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP/MTS DI KECAMATAN TAJINAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 1.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207008-IRMA NUR ISLAMIA-BAB 5.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh media audio
visual (video) terhadap motivasi belajar dalam pembelajaran IPS SMP?MTs di
Kecamatan Tajinan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini untuk menjawab
pertanyaan: Apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap motivasi
belajar dalam pembelajaran IPS SMP/MTs di Kecamatan Tajinan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data
pada skripsi ini menggunakan metode angket, metode observasi, metode
dokumentasi dan metode studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 1486
dan sampel sebanyak 100 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pengaruh penggunaan media
audio visual (video) pada pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar SMP/MTs di
Kecamatan Tajinan adalah sebesar 17 %. Artinya adalah sebanyak 17 % motivasi
belajar dipengaruhi oleh media audio visual (video), sedangakan 83% motivasi
belajar siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Hasil analisis uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t hitung = 4,473
> t tabel = 1,984 maupun signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis nihil ditolak
dan hipotesis alternative diterima, hasilnya signifikan dengan kesimpulan bahwa
terdapat pengaruh media audio visual (video) terhadap motivasi belajar dalam
pembelajaran IPS SMP/MTs di Kecamatan Tajinan. Hasil ini membuktikan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan media audio visual (video) telah memberi
dampak dalam meningkatkan motivasi belajar

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, media audio visual (video), motivasi belajar.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:32
Last Modified: 10 Jan 2025 04:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item
View Item