UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN

IWAN, IWAN (2025) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NU SUNAN GIRI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1684207009-IWAN-BAB 5.pdf

Download (458kB)

Abstract

Proses belajar tidak lepas dari hambatan-hambatan yang dialami oleh siswa itu
sendiri. Kesulitan belajar merupakan suatu keadaan alam proses belajar mengajar
dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Kesulitan belajar
pada dasarnya adalah suatu gejala yang Nampak dalam berbagai manistasi tingkah
laku, baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Kesulitan belajar siswa
akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa karena untuk memperoleh prestasi
yang baik dapat diperoleh dari perlakuan belajar disekolah maupun diluar sekilah
dan atas ketentuan serta usaha siswa dalam belajar. Hal ini juga terjadi dalam
belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, oleh karena itu upaya guru dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS, penting bagi guru dijadikan
masukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas.
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP NU Sunan Giri Kepanjen
2020/2021. Peneliti ini untuk menjawab pertanyaan : (1) Apa saja bentuk-bentuk
kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP NU Sunan Giri Kepanjen. (2). Bagaimana Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP NU
Sunan Giri Kepanjen.
Untuk mencapai tujuan di atas, di gunakan pendekatan penelitian kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Instrument penelitian kunci adalah peneliti itu
sendiri, dan teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan cara mereduksi data dan
menarik kesimpulkan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Tidak paham dengan materinya, ada
yang kurang konsentrasi sama pelajarannya, dan yang terganggu oleh wifi karena
sekarang pembelajarannya secara daring, ada yang bermasalah dengan hp nya. (2).
kurangnya konsentrasi dalam pelajaran berlangsung, terganggu oleh temannya,
keluarga, kurangnya minat dalam belajar, tidak bisa memahami apa yang di
sampaikan oleh gurunya, wifinya lemot, hpnya yang bermasalah dan pembelajaran
yang dilaksanakan dengan keseringan menggunakan WA. (3).upaya yang
dilakukan guru dengan cara memberinya motivasi, semangat untuk belajar lebih
giat lagi, memberikan jam tambahan, remidian, dan mengulang materi yang tidak
paham.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, mengatasi kesulitan belajar siswa.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:33
Last Modified: 10 Jan 2025 04:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item
View Item