PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP/MTs KECAMATAN GONDANGLEGI

SETYANA, RINA (2025) PENGARUH MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP/MTs KECAMATAN GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207016-RINA SETYANA-BAB 5.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media
sosial whatsApp terhadap motivasi belajar dalam Pembelajaran IPS Terpadu di
SMP/MTs Kecamatan Gondanglegi tahun pelajaran 2020/2021 dengan
menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data tentang media sosial
whatsApp dan motivasi siswa dilakukan dengan menggunakan 30 pernyataan
dalam bentuk angket, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS statistik 20.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMP/MTs di kecamatan
Gondanglegi yang menggunakan media social whatsapp sebagai sarana alternative
dalam proses pembelajaran disaat pandemic covid19 yang berjumlah 1536 orang
dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, studi pustaka, dan angket.
Hasil penelitian dilihat dari Uji Hipotesis t yang menunjukaan bahwa nilai
signifikasi pengaruh media sosial WhatsApp pada tabel coefficiens sebesar 0,000
lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial
WhatsApp berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hasil Uji Koefisien Determinasi
yaitu, besarnya adjusted R square adalah 0,370, hal ini berarti pemanfaatan media
sosial WhatsApp memiliki pengaruh sebesar 37% terhadap motivasi belajar.
Sedangkan sisanya (100%- 37% = 63 %) disebabkan oleh variabel-variabel yang
lain.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media sosial, whatsapp, motivasi belajar, pembelajaran IPS Terpadu
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:34
Last Modified: 10 Jan 2025 06:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item
View Item