HAFAIRANI, LUTFIANA (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MENYUSUN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK SISWA KELAS 7 MTS. WALISONGO AMPELGADING KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PAI-201764010060-LUTFIANA HAFAIRANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PAI-201764010060-LUTFIANA HAFAIRANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
SKRIPSI-PAI-201764010060-LUTFIANA HAFAIRANI-BAB 5.pdf
Download (745kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar
strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Al
Qur’an Hadits MTs. Walisongo Ampelgading Kabupaten Malang masih
menggunakan metode konvensional (monoton), yakni siswa dituliskan di
papan tulis atau membaca di buku paket kemudian diminta untuk
menghafal.Selain itu Pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak
siswa yang kurang memperhatikan, mondar-mandir kesana kemari.
Bahkan ada sebagian siswa yang melakukan aktivitas lain saat guru
menjelaskan, misalnya mengobrol sendiri dengan teman, mengganggu
teman yang sedang memperhatikan. Maka untuk mengatasi masalah
tersebut peneliti menerapkan media Menyusun Kartu untuk Meningkatkan
Kemampuan Menghafal Surat Pendek Siswa Kelas 7 MTs. Walisongo
Ampelgading Kabupaten Malang.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : Bagaimana
kemampuan siswa kelas 7 MTs. Walisongo Ampelgading Kabupaten
Malang dalam menghafal surat pendek sebelum menggunakan media
menyusun kartu dan sesudah menggunakan media menyusun kartu?
Apakah ada keefektifan penggunaan media menempel dan mengurutkan
kartu antara sebelum menggunakan media menyusun kartu dan sesudah
menggunakan media menyusun kartu, untuk meningkatkan kemampuan
menghafal surat pendek siswa kelas 7 MTs. Walisongo Ampelgading
Kabupaten Malang?
Jenis penelitian yang digunakan adalahn penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan pendekatan kualitatif. Adapaun model PTK yang digunakan
adalah Kurt Lewin dalam penelitian tindakan kelas ini. Dalam model Kurt
Lewin, pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdapat empat komponen,
yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Keempat
komponen tersebut merupakan tahap dalam siklus penelitian yang dilakukan
secara sistematis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Menyusun Kartu, Kemampuan menghafal surat pendek |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 06:54 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 06:54 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/740 |