PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-AMIN PONCOKUSUMO

NURIYANTI, PUTRI WINDA (2025) PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-AMIN PONCOKUSUMO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010099-PUTRI WINDA NURIYANTI-BAB 5.pdf

Download (557kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas yang dimiliki oleh
guru terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah
Tsanawiyah Al-Amin Poncokusumo. Karena kreativitas dalam pembelajaran sangat
dibutuhkan untuk memotivasi semangat belajar siswa sehingga lebih mudah
menerima pelajaran.
Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bagaimana
kreativitas guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin
Poncokusumo, 2) bagaimana prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al
Amin Poncokusumo, dan 3) untuk membuktikan adanya pengaruh antara kreativitas
guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah
Tsanawiyah Al-Amin Poncokusumo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi pada
penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin Poncokusumo.
Sampel yang diambil sebanyak 26 responden dengan menggunakan teknik Cluster
Random Sampling. Instrumen penelitin menggunakan kuesioner/angket Skala Likert.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis
data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji korelasional dengan
rumus product moment.
Hasil dari penelitian ini memiliki r Tabel sebesar 0,388 dengan taraf
signifikasi 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh rHitung sebesar 0,000. Jadi
diketahui 0,000 < 0,388 yang memiliki arti korelasional. Jadi penulis pengajukan
hipotesis Ha diterima berbunyi “ada pengaruh antara kreativitas guru Pendidikan
Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Amin
Poncokusumo” dengan interpretasi koefisien korelasi sangat kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:09
Last Modified: 11 Jan 2025 02:09
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/742

Actions (login required)

View Item
View Item