STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN IBADAH DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN MALANG

SOLDIANA, SITI (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN IBADAH DI MADRASAH TSANAWIYAH BABUSSALAM BANJAREJO PAGELARAN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201764010116-SITI SOLDIANA-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi guru fiqih sebagai bagian yang
terpenting dari suatu lembaga pendidikan, yang tidak hanya sekedar transfer
ilmu saja tetapi juga berhubungan dengan nilai-nilai penerapan ibadah sehari
hari, sehingga guru dituntut harus mampu memilih berbagai macam strategi
pembelajaran yang tepat serta didukung kompetensi yang unggul, dengan
demikian
tujuan dalam meningkatkan pemahaman ibadah siswa dapat tercapai.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana
strategi Pembelajaran guru fiqih dalam meningkatkan pemahaman ibadah di
Madrasah Tsanawiyah Banjarejo Pagelaran Malang, (2) Apa hambatan guru fiqih
dalam meningkatkan pemahaman ibadah di Madrasah Tsanawiyah Banjarejo
Pagelaran Malang, (3) Bagaimana usaha guru fiqih dalam mengatasi hambatan
pemahaman ibadah di Madrasah Tsanawiyah Banjarejo Pagelaran Malang
Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif pendekatan
(study kasus) dengan jenis penelitian lapangan. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah : Pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, menarikkesimpulan atau verifikasi
Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Strategi pembelajran guru fiqih
dalam menerapkan berbagai strategi agar siswa bisa memahami pemahaman fiqih
dalm hal ibadah Strategi yang dilakukan guru fiqih adalah strategi
ekspositori,kontekstual(CTL) afektif, dan praktek dalam kegiatan pembelajaran.
Strategi lain yang dilakukan guru yaitu dengan memberikan penguatan dan
motivasi serta pendekatan dengan siswa.(2) Hambatan merupakan hal yang
berpengaruh dalam proses pembelajaran peserta didik (3)Guru harus bisa
mengatasi hambatan yang ada pada faktor yang mempengaruhi proses
pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Guru Fiqih dalam Pemahaman Ibadah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:12
Last Modified: 11 Jan 2025 02:12
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item