Fathoni, Alfan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PIJAR (PIPA BELAJAR) AKTIF PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI ZAKAT FITRAH KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH BUSTANUL ULUM KARANGSUKO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGMI-20176426002-ALFAN FATHONI-BAB 1.pdf
Download (3MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426002-ALFAN FATHONI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426002-ALFAN FATHONI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran fikih khususnya tentang zakat fitrah, sehingga materi sangat sulit diterima oleh sebagian besar siswa. Siswa juga belum dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak maksimal. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran pijar aktif pada mata pelajaran fikih materi zakat fitrah kelas V MI Bustanul ulum, bagaimana efektifitas media pembelajaran pijar aktif pada amat pelajaran dikir materi zakat fitrah kelas V MI Bustanul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and Development (RnD) dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji kelayakan serta keefektifan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan Borg n Gall. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Bustanul Ulum Karangsuko. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti berupa angket. Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa media pembelajaran Pipa Belajar Aktif pada materi zakat fitrah. Dari hasil media pembelajaran yang telah dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan media. Berdasarkan hasil validasi materi menunjukkan media ini memiliki tingkat kelayakan 87.5% yang termasuk dalam kualifikasi "layak:.Hasil validasi media menunjukkan media pipa belajar aktif memiliki tingkat kelayakan 87% yang termasuk dalam kualifikasi "layak". Sedangkan hasil uji coba skala sedang dilakukan kepada 10 siswa dengan membandingkan hasil belajar sebelum menggunakan media adalah 52, sedangkan hasil sesudah menggunakan media adalah 86. Sehingga media pipa belajar aktif dinyatakan sangat dibutuhkan dan sangat berkontribusi sebagai penunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran pipa belajar aktif, zakat fitrah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:21 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:21 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/748 |