ANDRIANI, DEVI NUR (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GALERI PAN CASILA SEBAGAI ALAT BANTU MEMAHAMI PENGAMA LAN NILAI PANCASILA SISWA KELAS II MI AL MUBAROK KIDANGBANG WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGMI-20176426040-DEVI NUR ANDRIANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426040-DEVI NUR ANDRIANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426040-DEVI NUR ANDRIANI-BAB 5.pdf
Download (375kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran
pada pelajaran tematik khususnya muatan pelajaran Pendidikan Kewarganega
raan di kelas II MI Al Mubarok Kidangbang. Sehingga proses pembelajaran
menjadi membosankan dan siswa kurang bersemangat. Maka untuk mengatasi
masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran Galeri Pan
casila pembelajaran lebih menyenangkan.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan
media pembelajaran galeri pancasila sebagai alat bantu memahami
pengamalan nilai pancasila siswa kelas II MI Al Mubarok Kidangbang
Wajak?, Bagaimana kepraktisan media pembelajaran galeri pancasila sebagai
alat bantu memahami pengamalan nilai pancasila siswa kelas II MI Al
Mubarok Kidangbang Wajak?, Bagaimana efektifitas penggunaan media
pembelajaran galeri pancasila sebagai alat bantu memahami pengamalan nilai
pancasila siswa kelas II MI Al Mubarok Kidangbang Wajak?. Sedangkan
tujuannya untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran galeri
pancasila sebagai alat bantu memahami pengamalan nilai pancasila siswa
kelas II MI Al Mubarok Kidangbang Wajak, untuk menguji kepraktisan media
pembelajaran galeri pancasila sebagai alat bantu memahami pengamalan nilai
pancasila siswa kelas II MI Al Mubarok Kidangbang Wajak, untuk
mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran pancasila sebagai alat
bantu memahami pengamalan nilai pancasila siswa kelas II MI Al Mubarok
Kidangbang Wajak.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Re
search and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall
dengan 10 tahap pengembangan yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2)
Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain,
6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi
Produk, 10) Produksi Masal. Tingkat kelayakan media galeri pancasila sebagai
media pembelajaran berdasarkan penilaian Ahli Media diperoleh rerata skor
92,9 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, Tingkat Kepraktisan ber
dasarkan penilaian praktisi dan siswa diperoleh rerata skor 80 dan 93,8 yang
termasuk dalam kategori Sangat praktis. Dan efektifitas media diperoleh dari
hasil pretes & postes siswa dari rerata 60 menjadi 82,5. Dengan demikian me
dia galeri pancasila ini bisa digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:22 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:22 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/750 |