AINI, INDAH NUR (2025) PEMBACAAN DZIKIR RATIB AL-HADDAD SEBAGAI BENTENG ROHANI SISWA KELAS VI (STUDI FENOMENOLOGI DI MADRASAH IBTIDAIYAH BUSTANUL ULUM KARANGSUKO PAGELARAN MALANG). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGMI-20176426010-INDAH NUR AINI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426010-INDAH NUR AINI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426010-INDAH NUR AINI-BAB 5.pdf
Download (460kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah
Bustanul Ulum yang dilaksanakan untuk membentengi rohani siswa kelas VI.
Kegiatan keagamaan tersebut adalah pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad.
Adapun fokus penelitian ini adalah : 1) Apa alasan dan tujuan pembacaan dzikir
Ratib Al-Haddad di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Karangsuko
Pagelaran Malang ?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad di
kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Karangsuko Pagelaran Malang ? dan 3)
Bagaimana perkembangan rohani siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum
Karangsuko Pagelaran Malang sebelum dan sesudah mengikuti pembacaan dzikir
Ratib Al-Haddad?. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengidentifikasi alasan dan
tujuan pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul
Ulum Karangsuko Pagelaran Malang, untuk merekonstruksi pelaksanaan pembacaan
dzikir Ratib Al-Haddad di kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Karangsuko
Pagelaran Malang dan untuk mendeskripsikan perkembangan rohani siswa kelas VI
Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Karangsuko Pagelaran Malang sebelum dan
sesudah mengikuti pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode
studi fenomenologi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen
penelitian yang diperlukan meliputi : wawancara, observasi dan studi dokumen.
Teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles, Huberman dan
Saldana yang meliputi : pengumpula data, kondensasi data, penyajian data dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada dua alasan diadakannya kegiatan
pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, yakni
untuk menyembuhkan siswa yang kesurupan kala itu karena kondisi lingkungan
sekitar madrasah yang masih menampilkan budaya abangan dan sebagai salah satu
program kegiatan keagamaan untuk membentuk karakter religius siswa. 2)
Pelaksanaan kegiatan pembacaan dzikir Ratib Al-Haddad di dilaksanakan setiap hari
Jumat minggu ke-3. 3) Perkembangan rohani siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah
Bustanul Ulum Karangsuko Pagelaran Malang menjadi lebih tenang, lebih baik lagi,
lebih mudah dibimbing dalam kegiatan ubudiyah dan tidak ada lagi kejadian
kesurupan seperti tahun sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dzikir Ratib Al-Haddad, Benteng Rohani Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:24 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/751 |