PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI MATERI PEMBAGIAN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDA’IYAH RAUDLATUL ULUM TAWANGAGUNG AMPELGADING

ADI, SUWANTO (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN METODE INKUIRI MATERI PEMBAGIAN KELAS IV DI MADRASAH IBTIDA’IYAH RAUDLATUL ULUM TAWANGAGUNG AMPELGADING. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-20176426029-SUWANTO ADI-BAB 5.pdf

Download (364kB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar matematika dengan metode inkuiri materi
pembagian merupakan salah satu sumber belajar untuk membantu meningkatkan
hasil belajar pada mata pelajaran matematika di kelas IV MI. Bahan ajar
merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang mendukung
siswa untuk mencapai standar kompetensi yang diinginkan. Bahan ajar yang
digunakan harus sesuai dengan karakteristik siswa. Oleh karena itu, tujuan bahan
ajar memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran
matematika.
Tujuan peneliti mengembangkan bahan ajar ini adalah: (1) untuk
mengetahui pengembangan bahan ajar matematika dengan metode inkuiri pada
materi pembagian, (2) Untuk mengetahui efektifitas Pengembangan bahan ajar
matematika dengan metode inkuiri pada materi pembagian Kelas IV MI Raudlatul
Ulum Tawangagung Ampelgading
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research
and Development (R & D), dengan desain pengembangan bahan ajar Borg, W.R
and Gall, M.D yang memiliki 10 langkah dalam prosedur rancangan dan
pengembangannya. Subyek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar terbatas
pada 3 para ahli antara lain dua ahli materi, dan satu praktisi pembelajaran
matematika kelas IV, sasaran uji coba produk yaitu siswa kelas IV MI Raudlatul
Ulum Tawangagung Ampelgading .
Hasil analisis dari pre-test dan post-test masing-masing kelompok kecil
dan kelompok sedang menunjukkan bahwa kelompok kecil mean pre-test
memperoleh 46 dan rata-rata post-test memperoleh 62. Sedangkan kelompok
sedang rata-rata pre-test 46,5 dan rata-rata post-test memperoleh 64. Berdasarkan
perolehan nilai hasil belajar dari rata-rata post-test kelompok kecil dan kelompok
sedang yaitu menunjukan peningkatan signifikan antara siswa yang belum dan
yang sudah menggunakan bahan ajar matematika .
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok kecil maupun
kelompok sedang, karena mean post-tes lebih besar mean pre-test, maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikasi antara sebelum dan
sesudah menggunakan bahan ajar matematika dengan metode inkuiri melalui
pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Raudlatul Ulum
Tawangagung Ampelgading.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Matematika, Metode Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 02:32
Last Modified: 11 Jan 2025 02:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item
View Item