PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

KUTIPAH, KUTIPAH (2025) PENGEMBANGAN MEDIA TALPIN MATA PELAJARAN TEMATIK TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1 CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1586206033-KUTIPAH-BAB 5.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri
makhluk hidup kelas III SD melalui media TALPIN (Tabel Pintar). Latar
belakang dari penelitian ini adalah adanya masalah yang terdapat di SD Negeri
2 klepu yaitu kurangnya sarana prasana yang memadahi di sekolah dan siswa
kurang memperhatikan guru pada saat pembelajaran sehingga hasil belajar
siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 mata pelajaran Tematik menurun.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaiamana peningkatan
hasil belajar siswa dengan menggunakan media Talpin pada pelajaran tematik
tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup. Sedangkan tujuanya
untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Klepu dalam
Pelajaran tematik tema 1 sub tema 1 pembelajaran 1 ciri-ciri makhluk hidup.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan
(R&D) dengan model Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiyono.
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Klepu dengan menggunakan subjek 15
siswa kelas III SD tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan instrumen yang
digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk
kerja, dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
sebagai berikut. Hasil belajar dengan menggunakan 3 ranah yaitu aspek
kognitif dengan presentase peningkatan hasil belajar mata pelajaran Tematik
60% aspek afektif dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 83%,
aspek psikomotorik dengan presentase peningkatan hasil belajar sebesar 60%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media TALPIN (Tabel Pintar)
pada materi Ciri-ciri makhluk hidup kelas III SD dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan pengembangan (R&D), media talpin, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:01
Last Modified: 11 Jan 2025 04:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item
View Item