PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI GUGUS DI SUMBERPUCUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

SUWARI, TERI ARDANES (2025) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI GUGUS DI SUMBERPUCUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206058-TERI ARDANES SUWARI-BAB 5.pdf

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar
siswa kelas 2 sd negeri di sumberpucung. Banyak factor yang penelliti temui dalam
pengasuhan orang tua terhadap hasil belajar siswa seperti: factor internal dan
ekternal. 1) faktor internal yang berasal dari pada diri siswa. Factor internal lain
meliputi : kecerdasan / intelegensi, motivasi, minat, bakat, kedisiplinan siswa. 2)
faktor eksternal yang berasal dari dari luar diri siswa, factor ekternal lain meliputi
cara mengajar, pola asuh orang tua. Maka untuk mengatasi hal tersebut peneliti
menggunakan dengan mencari pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar
siswa kelas 2.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh
pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri di
Sumberpucung tahun pelajaran 2020/2021?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas
2 SDN Sumberpucung tahun pelajaran 2020/2021
Jenis penelitian ini menggunakan peneliti adalah pendekatan kuantitatif
regresi. Adapun populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
populasi dikelas 2 yang terdiri dari 4 sekolah dengan jumlah 96 siswa dan sampel
pengambilan data sejumlah 28 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrumen yang diperlukan meliputi: observasi, dokumentasi dan
angket. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengaruh pola asuh orang tua
terhadap hasil belajar siswa kelas 2. Berdasarkan hasil pengujian pola asuh orang
tua terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig pola asuh otoriter sebesar 0,976,
nilai signifikan pervaribel SE (sig. =16,89) pola asuh demokratis sebesar 0,896,
dengan nilai (sig = 0,76) dan pola asuh permisif sebesar 0,381 nilai (sig = 0,06)
semua memiliki nilai sig > 0,05, sehingga tidak ada pengaruh pola asuh orang tua
terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, terhadap hasil belajar siswa kelas 2 sd negeri gugus 2 di sumberpucung tahun ajaran 2020/2021
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:31
Last Modified: 11 Jan 2025 04:31
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item
View Item