FAUZIAH, WINDA NOVY (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGSD-1786206060-WINDA NOVY FAUZIAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206060-WINDA NOVY FAUZIAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
SKRIPSI-PGSD-1786206060-WINDA NOVY FAUZIAH-BAB 5.pdf
Download (410kB)
Abstract
Kegiatan belajar mengajar perlu adanya penunjang pembelajaran yakni 
media pembelajaran. Calon pendidik harus berpikir kreatif dalam menggunakan 
media pembelajaran agar dapat menarik minat dan semangat belajar siswa. Tujuan 
penelitian ini adalah  (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran scrapbook 
pada pembelajaran tematik kelas I SD (2) Mengetahui kesesuaian media 
scrapbook untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas I SD.  
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau 
research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall 
dengan 9 tahapan. Subjek penelitian ini  siswa kelas I SD Negeri Brongkal yang 
berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. 
Teknik analisis data untuk kelayakan media menggunakan deskriptif kuantitatif 
before dan after.  
Hasil penelitian ini yaitu: (1) Media pembelajaran scrapbook yang telah 
dikembangkan telah diuji coba melalui angket validasi ahli materi dengan nilai 
presentase sebesar 96% (sangat valid), angket validasi ahli media I nilai 
persentase sebesar 97% (sangat valid), angket validasi ahli media II nilai 
persentase sebesar 100% (sangat valid), dan uji coba respon siswa kelompok kecil 
nilai presentase sebesar 93% (sangat valid), uji coba respon siswa nilai persentase 
sebesar 91% (sangat valid). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran 
scrapbook layak digunakan dalam proses pembelajaran. (2) Hasil dari minat 
belajar siswa dalam kelompok kecil menunjukkan hasil presentase before sebesar 
60% (cukup) dan persentase after sebesar 93% (sangat baik). Peningkatan minat 
belajar siswa sebesar 33%. Sedangkan, hasil minat belajar dalam  kelompok besar 
menunjukkan hasil presentase before sebesar 52% (cukup) dan  persentase after 
sebesar 82% (sangat baik). Peningkatan minat belajar siswa sebesar 30%. 
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran 
scrapbook dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I SD.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Scrapbook, Pembelajaran Tematik, Minat Belajar. | 
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | 
| Depositing User: | Administrator Library | 
| Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:45 | 
| Last Modified: | 11 Jan 2025 04:45 | 
| URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/793 | 
