PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDIGO SI RIKAL (INFOGRAFIS DIGITAL GO SMART BERBASIS POTENSI KEARIFAN LOKAL) TEMA 8 SUB TEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sari, Yayuk Ratna Indah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDIGO SI RIKAL (INFOGRAFIS DIGITAL GO SMART BERBASIS POTENSI KEARIFAN LOKAL) TEMA 8 SUB TEMA 2 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206062-YAYUK RATNA INDAHSARI-BAB 5.pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN Pringgodani 03. Faktor
yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu: 1) dampak pandemi
Covid-19 yang harus mengoptimalkan pemanfatan teknologi sebagai media
pembelajaran; 2) keterbatasan ketersediaan media pembelajaran yang disajikan
sehingga sebagian besar materi ditransformasikan melalui buku pegangan siswa
(tematik); 3) pembelajaran tidak bersifat kontekstual dengan lingkangan tempat
tinggal siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
media infografis digital go smart yang mengintegrasikan potensi kearifan lokal
Malang untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang
dikembangkan yaitu media INDIGO SI RIKAL (Infografis Digital Go Smart
Berbasis Potensi Kearifan Lokal Malang). Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas IV SDN Pringgodani 03 yang berjumlah 22 siswa. Teknik dan
instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media INDIGO SI RIKAL layak
digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 100%
dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 98% dengan kriteria
sangat layak, respon guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, respon siswa
kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase sebesar 96% dan 92%
dengan kriteria sangat layak. Media INDIGO SI RIKAL daapat meningkatkan
hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. Persentase
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan perhitungan klasikal pada
kelompok kecil sebesar 71%, pada kelompok besar sebesar 70%. Berdasarkan
hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media INDIGO SI
RIKAL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media INDIGO SI RIKAL, kearifan lokal Malang, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:50
Last Modified: 11 Jan 2025 04:50
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item
View Item