Makrifah, Durorul (2025) ANALISIS PEMBELAJARAN IPS DI MTS. NURUL HUDA BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 1.pdf
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-1884207024-DURORUL MAKRIFAH-BAB 5.pdf
Download (404kB)
Abstract
IPS dalam pendidikan memiliki peranan penting yaitu sebagai bekal peserta
didik dalam mempersiapkan kehidupan dalam bermasyarakat baik sekarang
maupun di masa depan, karena kelak peserta didik akan mengalami perubahan
sosial di dalam lingkungannya. Pembelajaran IPS harus benar-benar dilaksanakan
sebagaimana mestinya agar peserta didik dapat menerima perbedaan disekitar
lingkungannya. Pembelajaran IPS mengajarkan peserta didik untuk bersikap
toleransi terhadap perbedaan sosial, budaya, maupun lingkungan.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Nurul Huda Bantur yang beralamtkan di
Dusun Durmo Rt 58 RW 12 Desa Bantur. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah
untuk mengetahui: (1) Perencanaan Pembelajaran IPS di MTs. Nurul Huda Bantur,
(2) Pelaksanaan Pembelajaran IPS di MTs. Nurul Huda Bantur, (3) Evaluasi
Pembelajaran IPS di MTs. Nurul Huda Bantur. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti
menganalisis pembelajaran IPS yang dilaksanakan di MTs. Nurul Huda Bantur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran IPS yang ada
seperti prota, promes, RPP, dan silabus sudah sesuai. Pelaksanaan pembelajaran
IPS di MTs. Nurul Huda bisa dikatakan efektif untuk metode diskusi, namun untuk
metode ceramah masih belum efektif. Keterbatasan sarana dan prasarana membuat
media dan sumber belajar yang digunakan seadanya. Evaluasi pembelajaran di
MTs. Nurul Huda Bantur guru mengevaluasi peserta didik menggunakan beberapa
tes yaitu tes diagnostik, tes formatif, dan tes sumatif.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk lebih meningkatkan kualitas
pembelajaran IPS di MTs. Nurul Huda Bantur dengan cara mensiasati pembelajaran
yang menarik meskipun menggunakan sarana dan prasarana seadanya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:07 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:07 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/862 |